Selasa, 05 April 2011

LAGU PUN BISA MERUBAH KEHIDUPAN


Judul Buku : Lagu Opick Inspirasiku
Penulis : Arien Ratih, dkk
Penerbit : Leutika
Tahun Terbit : Januari, 2011
Tebal Buku : 190 halaman
ISBN : 978-602-8597-62-3


Buku “Lagu Opick Inspirasiku” terlahir dari tarian tangan para penulisnya dengan sangat apik. Ada tiga puluh cerita kisah nyata dari tiga puluh penulis berbeda yang disajikan dalam buku ini. Ceritanya begitu mengalir dan menyentuh para pembacanya—termasuk saya.

Sangat tidak berlebihan jika kita mengatakan bahwa lagu-lagu Opick banyak menginspirasi para penikmat lagunya. Lagu-lagu Opick memang memiliki tempat tersendiri di hati para pendengarnya. Inspirasi-inspirasi yang ditemui dari lagu-lagu Opick tergambar jelas di buku ber-cover hitam hijau ini. Bukan hanya fans-nya saja yang terinspirasi, bahkan orang yang tadinya tidak mengenal lagu-lagu Opick pun terinspirasi ketika tidak sengaja mendengar lagu Opick diputarkan.

Memang tidak bisa pungkiri, bahwa kita, si penghuni bumi ini, pastinya pernah mengalami tragedi-tragedi yang bisa menghancurkan kehidupan kita. Atau bahkan yang lebih parah, iman kita sampai tergadaikan, Naudzubillah….. Kita merasa seolah-olah sang penguasa bumi dan langit tidak berlaku adil pada kita. Dan tak sedikit pun diantara kita yang pernah terlintas di benaknya untuk menyudahi kehidupan fana ini sebelum waktunya. Hal semacam itulah yang terjadi di beberapa kisah dalam buku ini. Namun, berkat izin Tuhan, akhirnya mereka diberikan pencerahan lewat lagu-lagu Opick yang mengalun syahdu nan lembut itu. Masalah yang berat pun jadi terasa ringan.

Apakah hanya itu yang kita dapatkan dari buku ini? Ternyata tidak! Ada cerita-cerita keren lainnya yang tidak bisa saya bahas lebih detail. Salah satu kisah yang sempat membuat dada ini bergemuruh yaitu kisah dari Dila Sakti Negara dengan judul “Indahnya Sedekah” di halaman 52. Dari judulnya memang terasa biasa saja dan mudah ditebak isinya. Tapi, Subhanallah, hati saya berdebar dan bergemuruh membaca proses beliau menempuh pendididkan di Provinsi Bengkulu. Hati saya sempat berbicara, “Andai saja kita saling kenal, ingin rasanya aku memeluknya”.*Kalimat ini tercetus karena saking sedihnya dan kebetulan aku juga tinggal di Bengkulu.

Selain itu yang tak kalah membuat saya speechles, di buku “Lagu Opick Inspirasiku” ini, aku menemukan dua buah cerita yang berasal dari penulis nonmuslim. Subhanalllah…., tidak bisa kita ingkari lagi, bahwa lagu Opick memang benar-benar memberikan inspirasi kepada seluruh umat manusia dengan tidak memandang SARA.*Siapa SARA? ^^

Cerita-cerita yang sarat makna terlukis jelas di buku ini. Begitu menggugah—hingga saya meneteskan airmata. Kita bisa berkaca diri dari kisah-kisah yang ditawarkan di buku yang diterbitkan Leutika ini. Mengambil pelajaran dan tidak melakukan atau mengulangi hal-hal yang tidak baik tersebut. Dan mudah-mudahan hati kita menjadi tenang untuk mengarungi samudra kehidupan ini.

Penasaran dengan kisah-kisah mereka? Langsung saja baca bukunya….

Ssst…, ketika aku menyelesaikan review ini, my bro, yang gaul abis dan penyuka musik-musik disko, entah mengapa tiba-tiba memutar lagu-lagu milik Opick. Padahal dia tidak tahu lho kalau aku sedang menyelesaikan review ini…. ^^

2 komentar: